Banyak cara untuk mempromosikan suatu barang atau produk yg kita buat agar terkenal di mata masyarakat, tentu cara yg sangat efisien adalah dari pembicaraan mulut ke mulut, biasanya dengan menyebarkan issue atau gossip ke masyarakat bisa meningkatkan rasa penasaran konsumen terhadap produk yg akan kita belum keluarkan di pasaran, bisa juga dengan cara menyebarkan pamflet-pamflet yg berisi tentang produk yg akan kita keluarkan, tetapi cara ini dapat memakan biaya yg cukup mahal, seperti Yamaha yg memasang iklan mio sporty dan vega R nya, ini dapat meningkatkan rasa penasaran konsumen yg akan datang untuk membeli dan bertanya-tanya ke dealer terdekat.
Tidak hanya dari kehidupan nyata, di dalam dunia maya pun kita dapat mempromosikan produk-produk yg kita inginkan, asalkan tempat dan cara mempublikasikannya dengan cara yg benar, bisa berupa iklan online, membuat blog ataupun website yang berisikan tentang produk yg akan kita jual.
Strategi Promosi Bisnis Kendaraan Roda Dua
Berbicara tentang strategi promosi sudah pasti berkaitan dengan orang-orang marketing disekitar perusahaan tersebut, biasanya perusahaan-perusahaan besar seperti yamaha, bila akan ada product baru yg akan keluar, pasti mereka membuat suatu event touring untuk membuktikan kalau product yg dia keluarkan itu memang sesuai dengan yg di sampaikan kepada masyarakat, bisa juga dengan cara menggelar pameran-pameran di mall-mall besar di indonesia ini dan menawarkan harga discount untuk pembelian secara langsung pada saat promosi berlangsung.
Saking ketatnya persaingan bisnis roda dua ini sangat banyak sekali perusahaan-perusahaan roda dua yg mengeluarkan product terbaik mereka, tetapi tidak jarang pula produk-produk tersebut mengecewakan dan tidak sesuai dengan yg tertera di brosur..
Jadi kita juga harus berhati-hati dalam memilih produk-produk yg sedang dalam masa promosi tersebut.
Saking ketatnya persaingan bisnis roda dua ini sangat banyak sekali perusahaan-perusahaan roda dua yg mengeluarkan product terbaik mereka, tetapi tidak jarang pula produk-produk tersebut mengecewakan dan tidak sesuai dengan yg tertera di brosur..
Jadi kita juga harus berhati-hati dalam memilih produk-produk yg sedang dalam masa promosi tersebut.
Persaingan Bisnis Antara Honda dan Yamaha
Memang persaingan roda dua di Indonesia… seperti sebuah case study yang ditunggu-tunggu berbagai pihak. Banyak kejadian ‘anomali’ yang berkembang… yang mengundang perhatian besar dari prinsipal pusat…Dan memang, perang yang hebat antara Honda vs Yamaha hanya terjadi di Indonesia. Berbagai teknik marketing, dari konvensional sampai era new wave marketing, sudah mulai massiv digunakan. Panasnya ‘harga diri’ yang terkoyak, bisa kita simpulkan akan mendorong prinsipal berlomba-lomba memberikan product ‘mutakhir’ nya di Indonesia raya ini.
Marketing research yang diterapkan Yamaha untuk membentuk kombninasi 4P (price, product, place, promotion) sukses mengalahkan Honda. Pertama price, Yamaha dengan berbagai macam produk harga yang dikeluarkan lebih murah dari Honda. Beberapa contoh :
• Vario Vs Mio, Vario di jual dengan harga Rp. 13.15 juta sedangkan Mio Rp. 10.8 juta .
• Vario CW vs Mio sporty, Vario CW di jual dengan Rp. 14.15 juta sedangkan Mio Sporty Rp. 11.58 juta.
• Honda Tiger vs Yamaha Scorpio, Honda Tiger dengan harga Rp. 20.4 juta sedangkan Yamaha Rp. 19.38.
• Supra Fit vs Vega R, Supra Fit dengan harga Rp. 11.4 juta sedangkan Vega R Rp. 11.2 juta.
• Supra X 125R vs Jupiter Z, Supra X 125R dengan Rp. 15.4 juta sedangkan Jupiter Z Rp. 13.8 juta.
Selain itu, akibat penjualan sepeda motor selama triwulan I 2006 turun tajam, menyebabkan para pemain dalam industri sepeda motor melakukan perang harga atau diskon. Pada saat itu, Honda juga ikut berperang dengan memberikan insentif atau bonus uang muka dan suku bunga yang sangat ringan. Sebaliknya Yamaha bergeming dengan tidak memberikan diskon harga dan uang muka yang berlebihan.
Kompetisi memang merupakan suatu keharusan, tetapi melakukan perang diskon antara merek-merek yang sudah kuat hanya akan merugikan perusahaan yang bersangkutan. Yamaha memutuskan untuk tidak terjebak pada perang diskon. Yamaha lebih fokus dalam hal kualitas dan produk yang bagus demi kepuasan pelanggan. Karena dengan memberikan harga murah dengan dalih diskon pasti akan mengorbankan kualitas. Dengan menjaga harga, terbukti nilai jual kembali Yamaha menjadi lebih tinggi daripada merek lainnya.
Kedua, dalam hal product Yamaha lebih unggul dengan menguasai segmentasi. Yamaha meluncurkan banyak model dan menjadi inovator pabrikan Jepang pertama yang mengeluarkan skubek otomatis pertama di tanah air, bahkan Yamaha berani mengeluarkan Mio yang pada awalnya untuk wanita ternyata juga disukai oleh pria, hasilnya luar biasa Yamaha menjadi nomor 1 untuk pangsa pasar skubek. Tidak berhenti disitu Yamaha juga mengeluarkan Jupiter-MX yang merupakan bebek dengan spesifikasi paling baik di kelasnya dan model paling sporty, serta baru-baru ini mengeluarkan Vixion untuk kelas motor sportnya.
Ketiga place, Yamaha juga terus berbenah mengejar ketertinggalan dari sisi after sales service serta distribusinya dan Yamaha berhasil mewujudkannya, saat ini bengkel Yamaha sudah tersebar luas, begitu juga dengan jaringan spare partsnya yang kini sangat mudah didapatkan.
Di mana untuk memudahkan customer dalam hal perbaikan sepeda motor atau penjualan spare part, para agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor menggalang kerja sama dengan pihak swasta untuk membuka bengkel perbaikan resmi. Selama ini, bengkel resmi yang cukup terkenal dan jumlahnya mencapai ribuan adalah bengkel resmi Honda yang bernama AHASS (Astra Honda Authorized Service Station).
Jumlah AHASS sampai dengan akhir Februari 2003 adalah 1933 bengkel. Selain jumlahnya yang cukup banyak, letaknya juga tersebar di berbagai daerah di Indonesia yang dipilih sesuai dengan jumlah penyebaran sepeda motor Honda dan kebutuhan akan perlunya layanan purna jual yang baik dan ketersediaan suku cadang. Yamaha kemudian menjawab tantangan AHASS, dengan menambah jumlah bengkel resmi Yamaha yaitu YSS (Yamaha Service Shop) yang pada tahun 2003 hanya terdiri dari 1200 buah. Seluruh bengkel tersebut memiliki dan mengikuti pola pelayanan yang standar atau seragam. Saat ini, YSS sudah tersebar luas, begitu pula dengan jaringan spare part-nya yang kini sangat mudah didapatkan.
Keempat promotion. Yamaha mengoptimalkan brand awareness melalui iklan televisi dan kegiatan berskala nasional, seperti menggelar Yamaha Religi dan beberapa event balap motor.
Penjualan Yamaha terus naik semenjak pembalap motoGP Valentino Rossi pindah dari Honda ke Yamaha dan langsung mempersembahkan gelar juara motoGP di musim perdananya bersama Yamaha. Yamaha sangat jeli dan memanfaatkan momentum ini untuk menaikan imej mereka akan sepeda motor yang cepat dan berkualitas sama dengan merk yang digunakan oleh juara motoGP. Bahkan juga sempat dibuat iklan Yamaha dengan Valentino Rossi sebagai endorsernya. Hal ini tidak pernah dilakukan oleh Honda sebelumnya.
Terlihat juga dari iklan-iklan Yamaha akhir-akhir ini, untuk produk andalan Yamaha (Jupiter, Vega R dan Mio), iklan Yamaha sangat berkaitan antara satu iklan dengan iklan lain seakan menjadi sebuah cerita, didukung juga dengan menggunakan endorser yang cukup kuat (Dedi Mizwar dan Didi Petet serta Komeng) dengan ruang lingkup kejadian di desa rekaan mereka desa Cibebek. Kalau diperhatikan Honda dulu juga mempunyai iklan yang bertema seperti itu yang dibintangi oleh pemain sinetron Doel (Rano Karno, Basuki dan Mandra) juga sempat di ulangi dengan para pemain dari Bajaj Bajuri, sayangnya pada akhirnya tidak bertahan lama.
Bahkan Yamaha kini juga telah mempunyai jingle iklan mereka sendiri (bukan lagu yang dijadikan jingle) yang sangat bagus dan dibuat oleh band ternama, dengan tema “Selalu Terdepan”. Jingle ini biasanya dijadikan jingle untuk produk Yamaha secara keseluruhan seperti di iklan terbaru mereka yang menggambarkan kebersamaan para pengendara Yamaha dan klub-klub motornya.
Kemudian pada aktivitas nilai pendukung pada rantai nilai terdapat tahapan pengembangan teknologi. Di mana Yamaha mulai memperkenalkan bebek 135cc yang memakai sistem pendingin radiator, teknologi piston alumunium termaju, juga DiASil Cyclinder berupa silinder mesin motor yang 30% lebih ringan dan 60% lebih efisien dalam hal pendinginan dibandingkan dengan blok silinder biasa. Untuk produk Mio, Yamaha juga memakai teknologi AIS (Air Induction System) yang sesuai dengan standar pemerintah tentang emisi gas buang.
Aktivitas nilai pendukung yang berikutnya adalah procurement, di mana Yamaha berkomitmen agar produk-produknya selalu ready di pasar atau tersedia di dealer, sehingga pelanggan tidak kesusahan mendapatkan produk Yamaha dan tidak perlu menunggu lama.
Berdasarkan penjabaran di atas, terlihat jelas bahwa Yamaha telah berhasil mengkombinasikan dua strategi dasar dalam rangka mencuri pangsa pasar Honda.
Konsep pemasaran, pengembangan teknologi dan usaha Yamaha menyamai after sales service Honda yang dikombinasikan dengan usaha Yamaha membangun ceruk pasar, telah diterjemahkan Yamaha dengan sangat baik.
sumber : www.google.com
Marketing research yang diterapkan Yamaha untuk membentuk kombninasi 4P (price, product, place, promotion) sukses mengalahkan Honda. Pertama price, Yamaha dengan berbagai macam produk harga yang dikeluarkan lebih murah dari Honda. Beberapa contoh :
• Vario Vs Mio, Vario di jual dengan harga Rp. 13.15 juta sedangkan Mio Rp. 10.8 juta .
• Vario CW vs Mio sporty, Vario CW di jual dengan Rp. 14.15 juta sedangkan Mio Sporty Rp. 11.58 juta.
• Honda Tiger vs Yamaha Scorpio, Honda Tiger dengan harga Rp. 20.4 juta sedangkan Yamaha Rp. 19.38.
• Supra Fit vs Vega R, Supra Fit dengan harga Rp. 11.4 juta sedangkan Vega R Rp. 11.2 juta.
• Supra X 125R vs Jupiter Z, Supra X 125R dengan Rp. 15.4 juta sedangkan Jupiter Z Rp. 13.8 juta.
Selain itu, akibat penjualan sepeda motor selama triwulan I 2006 turun tajam, menyebabkan para pemain dalam industri sepeda motor melakukan perang harga atau diskon. Pada saat itu, Honda juga ikut berperang dengan memberikan insentif atau bonus uang muka dan suku bunga yang sangat ringan. Sebaliknya Yamaha bergeming dengan tidak memberikan diskon harga dan uang muka yang berlebihan.
Kompetisi memang merupakan suatu keharusan, tetapi melakukan perang diskon antara merek-merek yang sudah kuat hanya akan merugikan perusahaan yang bersangkutan. Yamaha memutuskan untuk tidak terjebak pada perang diskon. Yamaha lebih fokus dalam hal kualitas dan produk yang bagus demi kepuasan pelanggan. Karena dengan memberikan harga murah dengan dalih diskon pasti akan mengorbankan kualitas. Dengan menjaga harga, terbukti nilai jual kembali Yamaha menjadi lebih tinggi daripada merek lainnya.
Kedua, dalam hal product Yamaha lebih unggul dengan menguasai segmentasi. Yamaha meluncurkan banyak model dan menjadi inovator pabrikan Jepang pertama yang mengeluarkan skubek otomatis pertama di tanah air, bahkan Yamaha berani mengeluarkan Mio yang pada awalnya untuk wanita ternyata juga disukai oleh pria, hasilnya luar biasa Yamaha menjadi nomor 1 untuk pangsa pasar skubek. Tidak berhenti disitu Yamaha juga mengeluarkan Jupiter-MX yang merupakan bebek dengan spesifikasi paling baik di kelasnya dan model paling sporty, serta baru-baru ini mengeluarkan Vixion untuk kelas motor sportnya.
Ketiga place, Yamaha juga terus berbenah mengejar ketertinggalan dari sisi after sales service serta distribusinya dan Yamaha berhasil mewujudkannya, saat ini bengkel Yamaha sudah tersebar luas, begitu juga dengan jaringan spare partsnya yang kini sangat mudah didapatkan.
Di mana untuk memudahkan customer dalam hal perbaikan sepeda motor atau penjualan spare part, para agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor menggalang kerja sama dengan pihak swasta untuk membuka bengkel perbaikan resmi. Selama ini, bengkel resmi yang cukup terkenal dan jumlahnya mencapai ribuan adalah bengkel resmi Honda yang bernama AHASS (Astra Honda Authorized Service Station).
Jumlah AHASS sampai dengan akhir Februari 2003 adalah 1933 bengkel. Selain jumlahnya yang cukup banyak, letaknya juga tersebar di berbagai daerah di Indonesia yang dipilih sesuai dengan jumlah penyebaran sepeda motor Honda dan kebutuhan akan perlunya layanan purna jual yang baik dan ketersediaan suku cadang. Yamaha kemudian menjawab tantangan AHASS, dengan menambah jumlah bengkel resmi Yamaha yaitu YSS (Yamaha Service Shop) yang pada tahun 2003 hanya terdiri dari 1200 buah. Seluruh bengkel tersebut memiliki dan mengikuti pola pelayanan yang standar atau seragam. Saat ini, YSS sudah tersebar luas, begitu pula dengan jaringan spare part-nya yang kini sangat mudah didapatkan.
Keempat promotion. Yamaha mengoptimalkan brand awareness melalui iklan televisi dan kegiatan berskala nasional, seperti menggelar Yamaha Religi dan beberapa event balap motor.
Penjualan Yamaha terus naik semenjak pembalap motoGP Valentino Rossi pindah dari Honda ke Yamaha dan langsung mempersembahkan gelar juara motoGP di musim perdananya bersama Yamaha. Yamaha sangat jeli dan memanfaatkan momentum ini untuk menaikan imej mereka akan sepeda motor yang cepat dan berkualitas sama dengan merk yang digunakan oleh juara motoGP. Bahkan juga sempat dibuat iklan Yamaha dengan Valentino Rossi sebagai endorsernya. Hal ini tidak pernah dilakukan oleh Honda sebelumnya.
Terlihat juga dari iklan-iklan Yamaha akhir-akhir ini, untuk produk andalan Yamaha (Jupiter, Vega R dan Mio), iklan Yamaha sangat berkaitan antara satu iklan dengan iklan lain seakan menjadi sebuah cerita, didukung juga dengan menggunakan endorser yang cukup kuat (Dedi Mizwar dan Didi Petet serta Komeng) dengan ruang lingkup kejadian di desa rekaan mereka desa Cibebek. Kalau diperhatikan Honda dulu juga mempunyai iklan yang bertema seperti itu yang dibintangi oleh pemain sinetron Doel (Rano Karno, Basuki dan Mandra) juga sempat di ulangi dengan para pemain dari Bajaj Bajuri, sayangnya pada akhirnya tidak bertahan lama.
Bahkan Yamaha kini juga telah mempunyai jingle iklan mereka sendiri (bukan lagu yang dijadikan jingle) yang sangat bagus dan dibuat oleh band ternama, dengan tema “Selalu Terdepan”. Jingle ini biasanya dijadikan jingle untuk produk Yamaha secara keseluruhan seperti di iklan terbaru mereka yang menggambarkan kebersamaan para pengendara Yamaha dan klub-klub motornya.
Kemudian pada aktivitas nilai pendukung pada rantai nilai terdapat tahapan pengembangan teknologi. Di mana Yamaha mulai memperkenalkan bebek 135cc yang memakai sistem pendingin radiator, teknologi piston alumunium termaju, juga DiASil Cyclinder berupa silinder mesin motor yang 30% lebih ringan dan 60% lebih efisien dalam hal pendinginan dibandingkan dengan blok silinder biasa. Untuk produk Mio, Yamaha juga memakai teknologi AIS (Air Induction System) yang sesuai dengan standar pemerintah tentang emisi gas buang.
Aktivitas nilai pendukung yang berikutnya adalah procurement, di mana Yamaha berkomitmen agar produk-produknya selalu ready di pasar atau tersedia di dealer, sehingga pelanggan tidak kesusahan mendapatkan produk Yamaha dan tidak perlu menunggu lama.
Berdasarkan penjabaran di atas, terlihat jelas bahwa Yamaha telah berhasil mengkombinasikan dua strategi dasar dalam rangka mencuri pangsa pasar Honda.
Konsep pemasaran, pengembangan teknologi dan usaha Yamaha menyamai after sales service Honda yang dikombinasikan dengan usaha Yamaha membangun ceruk pasar, telah diterjemahkan Yamaha dengan sangat baik.
sumber : www.google.com
Analisa Pasar Persaingan Sepeda Motor
Istilah pasar banyak diartikan secara berbeda sesuai dengan sudut pandang pandangan. Disini, kebutuhan dan keinginan konsumen mengawali kehadiran produk yang dapat memenuhinya. Hal tersebut, terungkap melalui jembatan penyebrangan motivasi dan kemampuan membeli yang dimiliki konsumen. Akan tetapi, tidak diingkari kondisinya bervariasi yang tercengkram perubahan. Kegenerikan produk, jenis produk, tingkatan produk, dan persaingan merek memberikan pertolongan kita untuk menentukan pasar. Pasar yang ditentukan dengan cara demikian, tergores garis batas jelas tujuan, keberadaan alternatif, serta daya lenting terhadap aksi dobrakan perubahan.
Pada tahun 1960-an, motor buatan Jepang masuk ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Honda adalah motor pertama yang masuk ke Indonesia, yaitu pada tahun 1961 melalui dealer Setia Budi Motor. Sejak pertama kali masuk, Honda selalu merajai pasar sepeda motor nasional dengan pangsa pasar di atas 50%. Honda disukai oleh konsumen karena bahan bakarnya yang irit dan nilai jual kembalinya yang tinggi. Selama ini motor buatan Honda yang laris di pasaran adalah jenis bebek dan motor laki.
Di antara beragam alat transportasi, sepeda motor memang menempati peran utama dalam sendi kehidupan masyarakat. Untuk menunjang pembangunan dan memenuhi kebutuhan pasar, maka pada tanggal 6 Juli 1974 Yamaha memutuskan untuk beroperasi di Indonesia.
Riset menunjukkan pasar di Indonesia telah lama diperhitungkan sebagai salah satu pasar terbesar di dunia. Hingga tahun 2007, Indonesia merupakan pasar nomor tiga terbesar setelah China dan India. Peluang Yamaha untuk mendominasi pasar di masa depan terbentang luas, karena Yamaha mengutamakan kualitas, kesempurnaan produk, inovasi tanpa henti, termasuk aspek pelayanan pada konsumen. Hal ini dibuktikan dengan penganugerahan Sertifikat ISO 9001 pada bulan Agustus 2001, ICSA Award tahun 2004-2006, Marketing Award 2006 dan TV Ad Monitor 2006. Menapak usia 30 tahun, Yamaha Indonesia bertekad untuk memberikan yang terbaik kepada setiap dealer dan konsumen agar menjadi “Selalu Terdepan”.
Selama ini Yamaha selalu hanya dapat menempati posisi dua dan tiga pasar sepeda motor nasional, bersaing ketat dengan Suzuki. Di sektor penjualan produk, tim pemasar berikut jaringan penjualan Yamaha hanya berhasil mencapai market share 21% pada tahun 2005 dan 35% pada tahun 2006.
Namun untuk pertama kalinya dalam sejarah penjualan sepeda motor nasional, Yamaha menjadi yang terdepan di periode penjualan bulan Maret 2007, dengan perbedaan 7.961 unit motor lebih banyak dibanding Honda. Inilah pertama kalinya dalam sejarah industri sepeda motor nasional, Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) produsen sepeda motor merek Yamaha menjadi market leader (pemimpin pasar) sepeda motor nasional.
Penjualan terbesar Yamaha berasal dari tipe bebek New Vega R dan Mio sebagai pelopor skuter matik. Pada bulan Maret 2007, keduanya menyumbangkan angka penjualan masing-masing 47.054 unit dan 40.854 unit.
Meskipun demikian, pada periode Januari-Maret 2007, Honda masih memimpin. Total penjualan motor nasional sepanjang Januari-Maret 2007 mencapai 1.055.000 unit. Dari jumlah tersebut, posisi teratas masih ditempati Honda dengan total penjualan 455.859 unit, dibayang-bayangi Yamaha dengan total penjualan sebesar 435.595 unit. Posisi berikutnya ditempati Suzuki, dengan total penjualan sebesar 145.607 unit dan Kawasaki meraih 10.559 unit. Namun, hasil pada bulan Maret 2007 tetap menjadi peringatan bagi Honda, bahwa Yamaha kini tak bisa dipandang sebelah mata
Aktivitas nilai utama dan aktivitas nilai pendukung Yamaha juga telah sama-sama berkontribusi dalam menghasilkan margin, meningkatkan market share dan membawa Yamaha menjadi “selalu terdepan”.
sumber : www.google.com
Pada tahun 1960-an, motor buatan Jepang masuk ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Honda adalah motor pertama yang masuk ke Indonesia, yaitu pada tahun 1961 melalui dealer Setia Budi Motor. Sejak pertama kali masuk, Honda selalu merajai pasar sepeda motor nasional dengan pangsa pasar di atas 50%. Honda disukai oleh konsumen karena bahan bakarnya yang irit dan nilai jual kembalinya yang tinggi. Selama ini motor buatan Honda yang laris di pasaran adalah jenis bebek dan motor laki.
Di antara beragam alat transportasi, sepeda motor memang menempati peran utama dalam sendi kehidupan masyarakat. Untuk menunjang pembangunan dan memenuhi kebutuhan pasar, maka pada tanggal 6 Juli 1974 Yamaha memutuskan untuk beroperasi di Indonesia.
Riset menunjukkan pasar di Indonesia telah lama diperhitungkan sebagai salah satu pasar terbesar di dunia. Hingga tahun 2007, Indonesia merupakan pasar nomor tiga terbesar setelah China dan India. Peluang Yamaha untuk mendominasi pasar di masa depan terbentang luas, karena Yamaha mengutamakan kualitas, kesempurnaan produk, inovasi tanpa henti, termasuk aspek pelayanan pada konsumen. Hal ini dibuktikan dengan penganugerahan Sertifikat ISO 9001 pada bulan Agustus 2001, ICSA Award tahun 2004-2006, Marketing Award 2006 dan TV Ad Monitor 2006. Menapak usia 30 tahun, Yamaha Indonesia bertekad untuk memberikan yang terbaik kepada setiap dealer dan konsumen agar menjadi “Selalu Terdepan”.
Selama ini Yamaha selalu hanya dapat menempati posisi dua dan tiga pasar sepeda motor nasional, bersaing ketat dengan Suzuki. Di sektor penjualan produk, tim pemasar berikut jaringan penjualan Yamaha hanya berhasil mencapai market share 21% pada tahun 2005 dan 35% pada tahun 2006.
Namun untuk pertama kalinya dalam sejarah penjualan sepeda motor nasional, Yamaha menjadi yang terdepan di periode penjualan bulan Maret 2007, dengan perbedaan 7.961 unit motor lebih banyak dibanding Honda. Inilah pertama kalinya dalam sejarah industri sepeda motor nasional, Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) produsen sepeda motor merek Yamaha menjadi market leader (pemimpin pasar) sepeda motor nasional.
Penjualan terbesar Yamaha berasal dari tipe bebek New Vega R dan Mio sebagai pelopor skuter matik. Pada bulan Maret 2007, keduanya menyumbangkan angka penjualan masing-masing 47.054 unit dan 40.854 unit.
Meskipun demikian, pada periode Januari-Maret 2007, Honda masih memimpin. Total penjualan motor nasional sepanjang Januari-Maret 2007 mencapai 1.055.000 unit. Dari jumlah tersebut, posisi teratas masih ditempati Honda dengan total penjualan 455.859 unit, dibayang-bayangi Yamaha dengan total penjualan sebesar 435.595 unit. Posisi berikutnya ditempati Suzuki, dengan total penjualan sebesar 145.607 unit dan Kawasaki meraih 10.559 unit. Namun, hasil pada bulan Maret 2007 tetap menjadi peringatan bagi Honda, bahwa Yamaha kini tak bisa dipandang sebelah mata
Aktivitas nilai utama dan aktivitas nilai pendukung Yamaha juga telah sama-sama berkontribusi dalam menghasilkan margin, meningkatkan market share dan membawa Yamaha menjadi “selalu terdepan”.
sumber : www.google.com
Jenis dan tipe bisnis di bidang TIK
Sekarang kita akan membahas tentang Bisnis di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan bisnis yang sedang berkembang saat ini. Bisnis ini pun memiliki jenis dan tipe masing – masing. Contoh dari beberapa jenis dan tipe bisnis di bidang TIK adalah sebagai berikut :
º Contoh Bisnis di bidang TIK yang pertama adalah E-Commerce. E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson).
Penjelasan E-commerce belom selesai sampai disini aja, masih banyak pengertian, tipe-tipe, dan jenis-jenis dari E-commerce tersebut, anda dapat mencarinya di dunia maya ini..:D
º Contoh kedua dari Bisnis di bidang TIK adalah Konsultan IT. Konsultan IT adalah orang yang menyarankan kepada client teknologi informasi apa yang harus digunakan untuk memenuhi sasaran bisnis, menyelesaikan suatu masalah, memperbaiki struktur dan efisiensi dan sistem IT organisasi. Jika suatu perusahan Konsultan IT mendapatkan kepercayaan dari clientnya karena kepuasan dalam pekerjaan, pasti Bisnis tersebut akan menanjak dan akan semakin berkembang.
º Contoh terakhir dari Bisnis di bidang TIK adalah software house. Bisnis software house ini bisa menjadi campuran di dalam bisnis Konsultan IT. Software house itu sendiri di definisikan sebagai sekelompok orang atau individu atau perusahaan kecil yang melakukan bisnis dalam bidang pembuatan perangkat lunak (software). Produk yang dihasilkan bisa spesifik untuk client tertentu (seperti aplikasi marketing untuk sebuah perusahaan) , atau yg bersifat umum (seperti aplikasi untuk toko, supermarket, warnet, dll) yang bisa digunakan oleh banyak client. Akan tetapi di tanah air tercinta ini, Bisnis Software House masih tergolong sulit, dikarenakan masih tingginya tingkat pembajakan software oleh oknum-oknum yg tidak bertanggung jawab dan dapat merugikan Pebisnis Software House itu sendiri.
sumber : google.com
º Contoh Bisnis di bidang TIK yang pertama adalah E-Commerce. E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson).
Penjelasan E-commerce belom selesai sampai disini aja, masih banyak pengertian, tipe-tipe, dan jenis-jenis dari E-commerce tersebut, anda dapat mencarinya di dunia maya ini..:D
º Contoh kedua dari Bisnis di bidang TIK adalah Konsultan IT. Konsultan IT adalah orang yang menyarankan kepada client teknologi informasi apa yang harus digunakan untuk memenuhi sasaran bisnis, menyelesaikan suatu masalah, memperbaiki struktur dan efisiensi dan sistem IT organisasi. Jika suatu perusahan Konsultan IT mendapatkan kepercayaan dari clientnya karena kepuasan dalam pekerjaan, pasti Bisnis tersebut akan menanjak dan akan semakin berkembang.
º Contoh terakhir dari Bisnis di bidang TIK adalah software house. Bisnis software house ini bisa menjadi campuran di dalam bisnis Konsultan IT. Software house itu sendiri di definisikan sebagai sekelompok orang atau individu atau perusahaan kecil yang melakukan bisnis dalam bidang pembuatan perangkat lunak (software). Produk yang dihasilkan bisa spesifik untuk client tertentu (seperti aplikasi marketing untuk sebuah perusahaan) , atau yg bersifat umum (seperti aplikasi untuk toko, supermarket, warnet, dll) yang bisa digunakan oleh banyak client. Akan tetapi di tanah air tercinta ini, Bisnis Software House masih tergolong sulit, dikarenakan masih tingginya tingkat pembajakan software oleh oknum-oknum yg tidak bertanggung jawab dan dapat merugikan Pebisnis Software House itu sendiri.
sumber : google.com
Perkembangan Bisnis Informatika
wah..
kalo ngomongin tentang Bisnis Informatika di era 2000 sekarang sudah sangat maju di bandingkan di era 90'an..
Bisnis informatika sekarang ini cukup menaik drastis, dari segi software, hardware, ataupun internet..
Kita akan membahasnya satu persatu..
1.) Hardware
Sekarang hardware komputer bukan barang mewah lagi di kalangan masyarakat, hampir semua masyarakat menengah ke atas mempunyai PC (Personal Computer) di masing-masing rumahnya, bahkan banyak juga yang mempunya laptop,notebook, ataupun netbook.
Bisnis dalam dunia hardware jg sangat menunjukan prospek yang baik untuk kedepannya, saat ini hardware-hardware baik dari prosesor sampai monitor pun sangat beragam dan bersaing untuk memunculkan jenis baru yang lebih efisien/tinggi performanya. dari segi omsetnya, bisnis jual-beli hardware komputer ini sangat lah menjanjikan, hanya dengan bermodalkan link-link distributor yang terpercaya kualitas dan kuantitasnya. Atau mungkin anda termasuk orang yang ingin menciptakan salah satu hardware komputer di tanah air tercinta ini?
So, semua tergantung dari kemampuan anda..
2.)Software
Kalo berbicara tentang software, yg terlintas pasti kata-kata "MAHAL", yap..pastinya software berlisensi asli buatan perusahaan-perusahaan terkenal pasti mahal, sesuai dengan cara pembuatan software tersebut yg sangatlah tidak mudah. Tetapi di tanah air tercinta ini sangatlah sulit untuk berbisnis software, dikarenakan masih kurang ketatnya pemerintah untuk memberantas pembajakan software-software asli. Tapi misalnya anda dapat membuat sebuah software dan dapat mengkomersilkannya, anda dapat membuat lapangan pekerjaan di bisnis software house.
3.)Internet/Bisnis Online
Internet adalah salah satu sarana Bisnis yang sangat menjamur saat ini, biasanya di sebut dengan Bisnis online, dengan bantuan forum, blog atau jejaring sosial kita dapat memulai Bisnis online ini tanpa bermodalkan tempat, yang dibutuh kan hanya ke kreatifan kita untuk menarik para pembeli. Jadi mulai lah untuk berbisnis Online kalau anda termasuk orang yg kreatif..
sumber : google.com
kalo ngomongin tentang Bisnis Informatika di era 2000 sekarang sudah sangat maju di bandingkan di era 90'an..
Bisnis informatika sekarang ini cukup menaik drastis, dari segi software, hardware, ataupun internet..
Kita akan membahasnya satu persatu..
1.) Hardware
Sekarang hardware komputer bukan barang mewah lagi di kalangan masyarakat, hampir semua masyarakat menengah ke atas mempunyai PC (Personal Computer) di masing-masing rumahnya, bahkan banyak juga yang mempunya laptop,notebook, ataupun netbook.
Bisnis dalam dunia hardware jg sangat menunjukan prospek yang baik untuk kedepannya, saat ini hardware-hardware baik dari prosesor sampai monitor pun sangat beragam dan bersaing untuk memunculkan jenis baru yang lebih efisien/tinggi performanya. dari segi omsetnya, bisnis jual-beli hardware komputer ini sangat lah menjanjikan, hanya dengan bermodalkan link-link distributor yang terpercaya kualitas dan kuantitasnya. Atau mungkin anda termasuk orang yang ingin menciptakan salah satu hardware komputer di tanah air tercinta ini?
So, semua tergantung dari kemampuan anda..
2.)Software
Kalo berbicara tentang software, yg terlintas pasti kata-kata "MAHAL", yap..pastinya software berlisensi asli buatan perusahaan-perusahaan terkenal pasti mahal, sesuai dengan cara pembuatan software tersebut yg sangatlah tidak mudah. Tetapi di tanah air tercinta ini sangatlah sulit untuk berbisnis software, dikarenakan masih kurang ketatnya pemerintah untuk memberantas pembajakan software-software asli. Tapi misalnya anda dapat membuat sebuah software dan dapat mengkomersilkannya, anda dapat membuat lapangan pekerjaan di bisnis software house.
3.)Internet/Bisnis Online
Internet adalah salah satu sarana Bisnis yang sangat menjamur saat ini, biasanya di sebut dengan Bisnis online, dengan bantuan forum, blog atau jejaring sosial kita dapat memulai Bisnis online ini tanpa bermodalkan tempat, yang dibutuh kan hanya ke kreatifan kita untuk menarik para pembeli. Jadi mulai lah untuk berbisnis Online kalau anda termasuk orang yg kreatif..
sumber : google.com
Membuat "Dunia" Dengan Delta3D Editor
Dengan asumsi Anda memahami dasar-dasar editor, saatnya untuk membuat dunia. Jika Anda belum melakukannya, buat peta dan nama itu "MyCoolMap". Sekarang bahwa Anda memiliki peta, Anda dapat mulai menempatkan objek.
Mari kita mulai dengan membuat sky box yang menggunakan tekstur yang diimpor dalam tutorial terakhir. Arahkan ke Browser Aktor, yang harus terletak di sisi sebelah kiri dari editor.

Secara default, perpustakaan dtActors dimuat pada inisiasi editor, jadi semua dasar Delta3D jenis tersedia untuk Instansiasi. Aktor Jenis memperluas tab menu, dan hal ini harus menunjukkan kategori dtcore, yang berisi dasar Delta3D jenis. Expand kategori dtcore dan Anda akan melihat Delta3D kategori. Expand kategori Lingkungan dan pilih Sky Box.

Untuk membuat actor, klik tombol Buat Actor yang terletak di bagian bawah jendela Actor.
Pada titik ini Anda mungkin telah memperhatikan bahwa peta kita tidak memiliki perubahan yang terlihat. Karena Anda tidak bisa benar-benar "tempat" kotak di tingkat langit, ia mendaftar sebagai actor global. Untuk melihat para actor global yang di tingkat Anda, navigasikan ke browser actor dan pilih tab Actor Global.

Sekarang Sky box Anda dapat dipilih dan memiliki sifat yang berubah. Setelah pemilihan Sky box di tab Actor Global, Editor Properti harus mengisi sendiri dengan daftar properti Sky box itu. Properties dapat mencakup hal-hal seperti translasi, rotasi, skala, dan pusat gravitasi. Arahkan ke Editor Properti dan pilih properti bernama SkyBox Textures. Kita dapat mengatur tekstur Sky box kami untuk sumber daya impor, dalam rangka untuk benar-benar "melihat" Sky box kita. Pilih tekstur yang bernama "back.jpg" di Browser Tekstur dan menavigasi kembali ke Editor Properti. Dalam properti bernama Kembali Tekstur, klik tombol Lancar Gunakan.

Sekarang bagian belakang langit adalah kotak bertekstur dengan "back.jpg". Ulangi proses ini untuk tiap tekstur yang diimpor, menempatkan mereka untuk properti yang berhubungan. Sekarang Anda akan melihat sesuatu seperti ini:

Sekarang bahwa kita memiliki tingkat awal, beberapa daerah akan cukup bagus. Kelas Delta3D untuk menciptakan medan procedural InfiniteTerrain. Dalam Aktor InfiniteTerrain Browser, pilih dari daftar aktor dtcore Anda. Klik tombol Buat Aktor. Kali ini Anda akan melihat, luas daerah perbukitan muncul di tingkat Anda. Demi kemudahan, mari kita meratakan keluar daerah terbatas. Arahkan ke toolbar dan pilih tombol yang berisi ikon panah untuk beralih ke mode seleksi (atau tahan tombol ctrl) dan klik pada daerah yang tak terbatas. Anda sekarang harus melihat daerah yang tak terbatas yang dipilih, dengan kawat representasi bingkainya terlihat. Editor Properti juga harus memiliki penduduk itu sendiri dengan daftar semua properti dari daerah yang tak terbatas. Arahkan ke Editor Properti. Expand kategori bernama Infinite Terrain dan pilih properti bernama Vertikal Skala.

Properti ini sekarang harus menjadi dapat diedit. Alih-alih nilai default dari 25,0, masukkan 0,1. Medan tak terbatas dalam peta harus mirip seperti ini:

Sekarang kami memiliki kotak langit dan daerah, mari kita menempatkan aktor lain di tingkat. Dalam Browser Resource, dalam tab Mesh statis, adalah statis Mesh browser. Pada tutorial sebelumnya Anda impor jaring helikopter, mari kita gunakan sekarang.
Dalam Browser Aktor, pilih Mesh statis Obyek dan klik tombol Buat Aktor. billboard A harus muncul di depan kamera.

Billboard ini merupakan mesh statis Anda dan akan mempertahankan billboard dipilih sampai Anda menetapkan mesh untuk itu. Menetapkan suatu mesh ke mesh objek statis dapat dilakukan hampir persis seperti tekstur menugaskan ke kotak langit. Dalam statis Mesh Browser, pilih "uh-1n.ive" menu item. Jika billboard untuk objek mesh statis tidak dipilih, Anda dapat pergi ke tab Cari Aktor dan klik tombol Cari. Sekarang Anda akan melihat mesh Anda dalam daftar hasil pencarian. Jika Anda pilih pada tabel hasil, itu akan menyoroti dan menjadi dipilih dalam peta. Pastikan untuk mencatat bahwa nama ini mesh adalah "StaticMesh0", karena Anda akan perlu menggunakan bahwa dalam tutorial berikutnya.

Dalam editor properti, pilih kategori bernama Mesh. Sekarang klik pada properti Mesh statis. Klik tombol Use Current. billboard Anda harus diganti dengan helikopter.
Sekarang mari kita memutar helikopter supaya kami dapat melihat profil shot bagus. Arahkan ke toolbar dan pilih ikon rotasi, atau pilih ikon rotasi dari toolbar. Sementara menekan tombol mouse sebelah kanan, pindahkan mouse baik maju atau mundur sampai suntikan profil bagus helikopter dalam tampilan, kemudian lepaskan. Harap dicatat bahwa Anda tidak dapat memindahkan kamera lagi sampai Anda kembali ke toolbar dan pilih ikon kamera untuk kembali ke modus kamera. Anda sekarang harus melihat sesuatu seperti ini:
Dalam editor properti, pilih kategori bernama Mesh. Sekarang klik pada properti Mesh statis. Klik tombol Use Current. billboard Anda harus diganti dengan helikopter.
Sekarang mari kita memutar helikopter supaya kami dapat melihat profil shot bagus. Arahkan ke toolbar dan pilih ikon rotasi, atau pilih ikon rotasi dari toolbar. Sementara menekan tombol mouse sebelah kanan, pindahkan mouse baik maju atau mundur sampai kami memiliki profil bagus menembak helikopter dalam tampilan, kemudian lepaskan. Harap dicatat bahwa Anda tidak dapat memindahkan kamera lagi sampai Anda kembali ke toolbar dan pilih ikon kamera untuk kembali ke modus kamera. Anda sekarang harus melihat sesuatu seperti ini:

Sekarang Anda dapat membuat dan menempatkan objek di peta Anda, saatnya untuk berpindah ke tutorial 3, yang dapat ditemukan disini
*sumber
Mari kita mulai dengan membuat sky box yang menggunakan tekstur yang diimpor dalam tutorial terakhir. Arahkan ke Browser Aktor, yang harus terletak di sisi sebelah kiri dari editor.

Secara default, perpustakaan dtActors dimuat pada inisiasi editor, jadi semua dasar Delta3D jenis tersedia untuk Instansiasi. Aktor Jenis memperluas tab menu, dan hal ini harus menunjukkan kategori dtcore, yang berisi dasar Delta3D jenis. Expand kategori dtcore dan Anda akan melihat Delta3D kategori. Expand kategori Lingkungan dan pilih Sky Box.

Untuk membuat actor, klik tombol Buat Actor yang terletak di bagian bawah jendela Actor.
Pada titik ini Anda mungkin telah memperhatikan bahwa peta kita tidak memiliki perubahan yang terlihat. Karena Anda tidak bisa benar-benar "tempat" kotak di tingkat langit, ia mendaftar sebagai actor global. Untuk melihat para actor global yang di tingkat Anda, navigasikan ke browser actor dan pilih tab Actor Global.

Sekarang Sky box Anda dapat dipilih dan memiliki sifat yang berubah. Setelah pemilihan Sky box di tab Actor Global, Editor Properti harus mengisi sendiri dengan daftar properti Sky box itu. Properties dapat mencakup hal-hal seperti translasi, rotasi, skala, dan pusat gravitasi. Arahkan ke Editor Properti dan pilih properti bernama SkyBox Textures. Kita dapat mengatur tekstur Sky box kami untuk sumber daya impor, dalam rangka untuk benar-benar "melihat" Sky box kita. Pilih tekstur yang bernama "back.jpg" di Browser Tekstur dan menavigasi kembali ke Editor Properti. Dalam properti bernama Kembali Tekstur, klik tombol Lancar Gunakan.

Sekarang bagian belakang langit adalah kotak bertekstur dengan "back.jpg". Ulangi proses ini untuk tiap tekstur yang diimpor, menempatkan mereka untuk properti yang berhubungan. Sekarang Anda akan melihat sesuatu seperti ini:

Sekarang bahwa kita memiliki tingkat awal, beberapa daerah akan cukup bagus. Kelas Delta3D untuk menciptakan medan procedural InfiniteTerrain. Dalam Aktor InfiniteTerrain Browser, pilih dari daftar aktor dtcore Anda. Klik tombol Buat Aktor. Kali ini Anda akan melihat, luas daerah perbukitan muncul di tingkat Anda. Demi kemudahan, mari kita meratakan keluar daerah terbatas. Arahkan ke toolbar dan pilih tombol yang berisi ikon panah untuk beralih ke mode seleksi (atau tahan tombol ctrl) dan klik pada daerah yang tak terbatas. Anda sekarang harus melihat daerah yang tak terbatas yang dipilih, dengan kawat representasi bingkainya terlihat. Editor Properti juga harus memiliki penduduk itu sendiri dengan daftar semua properti dari daerah yang tak terbatas. Arahkan ke Editor Properti. Expand kategori bernama Infinite Terrain dan pilih properti bernama Vertikal Skala.

Properti ini sekarang harus menjadi dapat diedit. Alih-alih nilai default dari 25,0, masukkan 0,1. Medan tak terbatas dalam peta harus mirip seperti ini:

Sekarang kami memiliki kotak langit dan daerah, mari kita menempatkan aktor lain di tingkat. Dalam Browser Resource, dalam tab Mesh statis, adalah statis Mesh browser. Pada tutorial sebelumnya Anda impor jaring helikopter, mari kita gunakan sekarang.
Dalam Browser Aktor, pilih Mesh statis Obyek dan klik tombol Buat Aktor. billboard A harus muncul di depan kamera.

Billboard ini merupakan mesh statis Anda dan akan mempertahankan billboard dipilih sampai Anda menetapkan mesh untuk itu. Menetapkan suatu mesh ke mesh objek statis dapat dilakukan hampir persis seperti tekstur menugaskan ke kotak langit. Dalam statis Mesh Browser, pilih "uh-1n.ive" menu item. Jika billboard untuk objek mesh statis tidak dipilih, Anda dapat pergi ke tab Cari Aktor dan klik tombol Cari. Sekarang Anda akan melihat mesh Anda dalam daftar hasil pencarian. Jika Anda pilih pada tabel hasil, itu akan menyoroti dan menjadi dipilih dalam peta. Pastikan untuk mencatat bahwa nama ini mesh adalah "StaticMesh0", karena Anda akan perlu menggunakan bahwa dalam tutorial berikutnya.

Dalam editor properti, pilih kategori bernama Mesh. Sekarang klik pada properti Mesh statis. Klik tombol Use Current. billboard Anda harus diganti dengan helikopter.
Sekarang mari kita memutar helikopter supaya kami dapat melihat profil shot bagus. Arahkan ke toolbar dan pilih ikon rotasi, atau pilih ikon rotasi dari toolbar. Sementara menekan tombol mouse sebelah kanan, pindahkan mouse baik maju atau mundur sampai suntikan profil bagus helikopter dalam tampilan, kemudian lepaskan. Harap dicatat bahwa Anda tidak dapat memindahkan kamera lagi sampai Anda kembali ke toolbar dan pilih ikon kamera untuk kembali ke modus kamera. Anda sekarang harus melihat sesuatu seperti ini:
Dalam editor properti, pilih kategori bernama Mesh. Sekarang klik pada properti Mesh statis. Klik tombol Use Current. billboard Anda harus diganti dengan helikopter.
Sekarang mari kita memutar helikopter supaya kami dapat melihat profil shot bagus. Arahkan ke toolbar dan pilih ikon rotasi, atau pilih ikon rotasi dari toolbar. Sementara menekan tombol mouse sebelah kanan, pindahkan mouse baik maju atau mundur sampai kami memiliki profil bagus menembak helikopter dalam tampilan, kemudian lepaskan. Harap dicatat bahwa Anda tidak dapat memindahkan kamera lagi sampai Anda kembali ke toolbar dan pilih ikon kamera untuk kembali ke modus kamera. Anda sekarang harus melihat sesuatu seperti ini:

Sekarang Anda dapat membuat dan menempatkan objek di peta Anda, saatnya untuk berpindah ke tutorial 3, yang dapat ditemukan disini
*sumber
Subscribe to:
Posts (Atom)